Kamis, 26 Januari 2012

wazzub

Kabar Penting Friend Lumayan Bisa “Kaya”...!!

Jangan kemana-mana dulu, Baca ini.. sebuah info spektakuler yang bisa anda buktikan sendiri ! Yg Minat Ikutan, jgn lupa cari 5 org utk ikutan juga,, Oke !

WAZZUB - The Power of We

"Dapatkan RIBUAN DOLLAR melalui internet secara GRATIS.

Sebuah program yang sangat berbeda dengan yang pernah anda kenal selama ini.

Pogram ini baru prelaunch 2 Januari 2012, dan akan launching pada 09 April 2012. Dan prediksi saya program ini akan membooming seperti GOOGLE maupun FACEBOOK. Dan yang membuat mereka berbeda adalah program ini mau berbagi hasil dengan kita yang hanya berstatus sebagai user atau pengguna.

Sebelum launching, mereka sudah mulai menerima pendaftaran sebagai member sejak 2 Januari 2012. Buat anda semua, saya sarankan untuk mendaftar sekarang juga. Amankan posisi anda sekarang, daftarkan diri anda, klik dari sini (http://signup.wazzub.info/?lrRef=f6b39) lalu isi formulir pendaftaran, kemudian mengklik tombol "JOIN". Setelah itu anda akan mendapatkan email dari Wazzub, buka email anda, dan klik link verivikasi pada email tersebut untuk mengaktifkan account anda di Wazzub, dan kemudian sebarkan link referral anda untuk mendapatkan member baru. Dari setiap member yang berhasil anda rekruit, anda berhak mendapatkan $1.00 USD per bulan.

Ingat, program ini baru prelaunch pada tanggal 02-01-2012, " BARU PRE-LAUNCH"... Dan akan dilaunching pada tanggal 09-04-2012. Buruan join sekarang...

Jangan takut, karena semua disini "wazzub" GRATIS. Dan saya yakin 100 % bahwa ini bukan sebuah situs SCAM. Tapi ini adalah sebuah gebrakan dari "wazzub" untuk menandingi GOOGLE maupun FACEBOOK yang telah jauh lebih dulu menjadi situs favorit di seluruh penjuru dunia.

Ini adalah fakta: perusahaan seperti Google atau Facebook memperoleh miliaran $ $ $ setiap triwulan hanya karena kita, para pengguna internet menggunakan layanan mereka. Facebook bernilai lebih dari 50 miliar $ $ $ hanya karena mereka mempunyai pengguna terdaftar yang berjumlah sangat besar.

Ini adalah waktu untuk memahami, bahwa kita "pengguna" memutuskan siapa yang mendapatkan uang besar. WAZZUB adalah komunitas global pertama yang membayar kita "pengguna", hanya untuk memilih mereka sebagai homepage kita.

+ + + GRATIS SELAMANYA + + + TIDAK ADA UNTUK DOWNLOAD + + + TIDAK ADA PEKERJAAN YANG HARUS DILAKUKAN + + +

Ini sangat mudah: semakin banyak pengguna yang bergabung dengan Keluarga WAZZUB gratis, semakin banyak uang yang akan kita "pengguna" dapatkan!

Contoh: Jika Anda mengundang hanya 5 orang untuk bergabung secara gratis dan mereka melakukan 5 tingkat yang sama dalam, Anda bisa mendapatkan sekitar $ 4.000 setiap bulan, dengan tidak melakukan apapun yang berbeda dari yang sudah Anda lakukan sehari-hari.

Bagaimana jika setiap orang diundang hanya 10 orang? Jumlah yang akan anda terima: $ 111.110 setiap bulan. TIDAK ada batas!
Semakin banyak orang yang Anda undang semakin banyak uang yang Anda akan dapatkan. Periode!

Mari kita Temukan Kekuatan "Kita"!
Pada 2 Januari 2012 08:00 WITA (UTC-08: 00) kita akan memulai.. WAZZUB resmi prelaunch. Manfaatkan sekarang dengan menjadi salah satu yang pertama untuk mulai membangun grup Anda. Cukup masukkan alamat email anda dan klik "JOIN".

Anda dapat mengatur diri Anda untuk hidup secara bebas finansial dan mendapatkan Residual Income Pasif besar-besaran setiap bulan seperti apapun yang ada lagi di luar sana.
~ Hal ini dapat terjadi secepat kilat karena selalu GRATIS untuk semua ~

Semakin banyak Anggota GRATIS yang Anda undang, semakin banyak uang yang akan Anda dapatkan.

Anda bisa mendapatkan sekitar $ 1,00 per orang dalam "LEBAR JARINGAN YANG TAK TERBATAS" x 5 generasi Anda dalam keluarga WAZZUB. (tergantung pada pertumbuhan perusahaan)

Jika itu masih terlihat sedikit bagi anda, coba perhatikan apa yang terjadi pada ilustrasi berikut...

Anda cukup mengajak 5 teman untuk bergabung GRATIS selamanya dan mereka melakukan hal yang sama sampai kedalaman 5 generasi:

1. Generasi 5 x $ 1,00 = $ 5,00
2. Generasi 25 x $ 1,00 = $ 25,00
3. Generasi 125 x $ 1,00 = $ 125,00
4. Generasi 625 x $ 1,00 = $ 625,00
5. Generasi 3125 x $ 1,00 = $ 3,125.00

Passive Income Anda = $ 3,905.00 setiap bulan dengan tidak melakukan apapun yang berbeda dari apa yang biasa Anda lakukan setiap hari. Dengan kata lain, tidak ada pekerjaan apapun yang harus anda kerjakan dengan mengikuti program ini.

~ Gabung hari ini~

Langkah 1 - pergi di sini dan mendaftar, klik: (http://signup.wazzub.info/?lrRef=f6b39)
lalu Isi formulir pendaftaran sesuai data yang diminta :

REFERRER : biarkan seperti yang anda lihat
FIRST NAME : tulis nama depan anda
LAST NAME : tulis nama belakang anda
USERNAME : tulis username anda
PASSWORD : tulis password anda
CONFIRM PASSWORD : tulis password anda sekali lagi
EMAIL : masukkan email anda yang valid
COUNTRY : pilih negara anda dari pilihan yang ada

isikan kode Captcha yang anda lihat.

kemudian klik "JOIN"
setelah itu buka email anda, dan klik link verivikasi yang ada pada email tersebut untuk mengaktifkan account anda di Wazzub.

Langkah 2 - mengundang teman-teman dan mitra untuk bergabung di Wazzub dengan menyebarkan link referral anda. Ingat, anda akan mendapatkan $ 1,00 per bulan untuk setiap orang yang berhasil anda referensikan atau untuk setiap orang yang berhasil anda ajak.

Cepatlah, bertindak sekarang!
99,99% penduduk dunia belum tahu tentang ini.

Bagaimana dan kapan anggota dibayar?

WAZZUB membayar membernya secara bulanan.

Hari pertama kami membayar akan 15 Mei 2012 untuk bulan April.

Jumlah kecil akan dibayar oleh prosesor pembayaran online
dan jumlah besar akan dibayar melalui cek atau transfer bank.

Namun, WAZZUB bekerja pada sebuah solusi pembayaran yang sederhana global yang terbaik untuk melayani di seluruh dunia komunitas kami.

Bersama-sama kita mengaktifkan kekuatan "Kita"!

Terima kasih,

Keluarga WAZZUB
WAZZUB - The Power of "We"!

*GOOD LUCK*

Daftar disini
http://signup.wazzub.info/?lrRef=f6b39
WAZZUB - The Power of "We"!
signup.wazzub.info

6 Langkah Memahami WAZZUB

1 - Google
Anda pasti tahu perusahaan seperti Google atau Yahoo!. Dan Anda pasti tahu juga berapa banyak yang mereka peroleh. Tidak tahu? Berikut adalah jawabannya: Mereka mendapatkan miliaran Dollar setiap tahunnya (Google mendapat $ 29.000.000.000 HANYA pada tahun 2010) itu berkat KITA yang menggunakan layanan mereka. Google menawarkan banyak layanan. Tapi 95% dari pen.........dapatannya ($ 27.550.000.000) berasal dari hanya SATU layanan saja: mesin pencari milik mereka yang terkenal, Google Search. Setiap user yang menggunakan Google Search membuat Google mendapatkan sekitar 1 $ / hari. Bayangkan jika Anda bisa mendapatkan hanya 0.001% dari penghasilan Google Search: $ 275.000/Tahun (sekitar $ 23.000/bulan). Masalahnya adalah: Anda tidak akan mendapatkannya karena Google menyimpan SEMUA penghasilannya untuk dirinya sendiri.

II - Wazzub, "Revolusi Pengguna"
Pada tahun 2007, seseorang berpikir: "Kami, para pengguna membuat mereka mendapatkan miliaran dan kami tidak mendapatkan satu sen-pun. Itu sangat menjijikkan ". Maka Lahirlah WAZZUB. Wazzub adalah mesin pencari, seperti Google, yang akan memberikan Anda uang untuk merujuk orang ikut bergabung menjadi Membernya. Anda akan mendapatkan $ 1/bulan, SEUMUR HIDUP, untuk setiap user yang bergabung dengan Wazzub menggunakan link referral Anda. Dan Anda juga mendapatkan $ 1/bulan, SEUMUR HIDUP, setiap kali seseorang bergabung dengan kelompok Anda (misalnya: Anda akan mendapatkan $ 1 jika teman Anda mengundang seseorang untuk bergabung, tetapi Anda juga akan mendapatkan $ 1 jika teman dari teman Anda itu mengajak seseorang untuk ikut bergabung juga, dst ..).
Anda dapat mencoba kalkulator mereka untuk melihat bagaimana hal itu dapat dengan mudah untuk mendapatkan $ 4000/bulan tanpa usaha apapun. Anda hanya perlu mengajak 5 orang untuk melakukan hal yang sama dalam 5 tingkatan. Hal ini dapat dilakukan dengan cepat & mudah hanya dengan memberitahu teman-teman Anda dan dengan mem-posting di forum di Internet seperti yang saya lakukan saat ini. 4000 $ / bulan, SEUMUR HIDUP, hanya untuk memberitahu teman Anda untuk bergabung sebuah website. Kedengarannya luar biasa, bukan? Dan itu kenyataan.

III-Mengapa Wazzub membayar begitu banyak untuk penggunanya?
Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Wazzub membayar Anda untuk mengajak orang untuk bergabung. Sebenarnya, jawabannya cukup sederhana: semakin banyak pengunjung yang mereka dapatkan, semakin banyak mereka dibayar. Ingat, Google mendapat $ 1 per pengguna PER HARI. Wazzub akan membayar Anda $ 1 per pengguna PER BULAN. Jadi masih menguntungkan untuk Wazzub.

IV - Ambil keputusan Anda
Anda harus mengambil keputusan dengan sangat cepat: bergabung sekarang, mulai memberitahu teman-teman Anda dan dapatkan $ 50, $ 1000, $ 4000 atau bahkan lebih per bulan selama seluruh hidup Anda. Atau menunggu dan melihat apakah WAZZUB itu benar-benar legit ... Tapi hati-hati: Wazzub tidak akan membagi hasil pendapatannya untuk anggota yang bergabung setelah April, 9, 2012.

Sebenarnya, mereka menganggap bahwa setelah 3 bulan ini mereka akan memiliki cukup anggota dan mereka tidak harus membayar untuk mendapatkan lagi anggotanya secara lebih dan lebih.
Jadi bergabung SEKARANG, GRATIS, dan ajaklah orang-orang yanglebih banyak sebelum April, 9 2012. Setelah itu, akan terlambat. Anda memiliki 3 bulan untuk mengubah hidup Anda.

V - Tidak ada lagi yang perlu dikatakan, saatnya untuk mendaftar
Anda harus, dan Anda akan membayar apa-apa untuk medaftar. Benar-benar GRATIS.
pergi ke sini (http://signup.wazzub.info/?lrRef=f6b39) masukkan email & data-data Anda , klik tombol "Join"l dan ... hanya Itu saja.

Kemudian, Anda akan segera menerima email dengan informasi penting dan link referral Anda.

VI - Beritahu semua orang tentang Wazzub
Hal penting untuk diingat adalah: semakin cepat Anda untuk mem-posting di forum, memberitahu teman-teman Anda, dll .. orang-orang akan mendaftar dengan link referral ANDA.
Wazzub sangat lah baru. Anda akan menjadi salah satu orang pertama di dunia untuk tahu tentang hal itu. Jangan membuang kesempatan ini.
Anda dapat meng-copy & paste eBook ini dan mengumumkannya dengan link referral anda sendiri, No Problem.
http://signup.wazzub.info/?lrRef=f6b39
WAZZUB - The Power of "We"!
signup.wazzub.info

http://signup.wazzub.info/?lrRef=f6b39

WAZZUB - The Power of "We"!
signup.wazzub.info

Minggu, 22 Januari 2012

manajemen dalam keperawatan


MANAJEMEN DALAM KEPERAWATAN


A.  MANAJEMEN DALAM KEPERAWATAN
Manajemen: Proses melaksanakan pekerjaan melalui upaya orang lain (Gillies).
Manajemen keperawatan: sebagai proses pelaksanaan pelayanan keperawatan melalui staf keperawatan untuk memberikan Asuhan Keperawatan, pengobatan dan rasa aman kepada pasien/keluarga/masyarakat.

B.  MANAJEMEN KEPERAWATAN
Tugas khusus yang harus dilaksanakan oleh pengelola keperawatan untuk merencanakan, organisasi, mengarahkan serta mengorganisasi sumber-sumber yang ada (dana dan daya) untuk membuat pelayanan efektif.

C.  PROSES MANAJEMEN KEPERAWATAN
Pendekatan sistem terbuka masing-masing komponen saling berhubungan dan berinteraksi dan dipengaruhi oleh lingkungan.
Komponen dari Manajemen Keperawatan:
1.  Input
☺ Informasi
☺ Personal
☺ Peralatan
☺ Fasilitas
2.   Proses
Kelompok manejemen [dari tertinggi sampai dengan perawat pelaksana] yang mempunyai tugas dan wewenang untuk melaksanakan perencanaan, organisasi, pengarahan dan pengawasan dalam pelaksanaan pelayanan keperawatan.
3.   Output
☺ Askep (Asuhan Keperawatan)
☺ Pengembangan staf sampai dengan riset
4.   Kontrol
☺ Budget
☺ Prosedur
☺ Evaluasi Kinerja
☺ Akreditasi
5.      Feed Back Mechanism
☺ Laporan Financial
☺ Audit Keperawatan
☺ Survey Kendali Mutu
☺ Kinerja
Prinsip yang mendasari mananejemen keperawatan.
1.      Berlandaskan perencanaan
2.      Penggunaan waktu yang efektif
3.      Melibatkan pengambilan keputusan
4.      Kepuasan pasien sebagai tujuanÔ4.Memenuhi kebutuhan ASKEP pasien
5.      Terorganisir sesuai kebutuhan organisasi untuk mencapai tujuan.
Prinsip Pengorganisasian
a.   The devision work
b.   Koordinasi
c.   Unity of command
d.   Tujuan dan kewewenangan yang sesuai
e.   Hubungan staf dan Lini (sejajar)
f.   Spain of Ôcontrol  Ada garis control
6.  Pengarahan: Pendelegasian supervisi, koordinasi dan pengendalian pelaksanaan rencana.
7.  Divisi keperawatan yang baik memotivasi karyawan untuk penampilan kerja yang baik.
8.  Menggunakan komunikasi yang efektif.
9.  Pengembangan staf.
10.  Pengendalian. 

D.  KERANGKA KONSEP MANAJEMEN KEPERAWATAN.
Manajemen partisipasif yang berlandaskan pada paradigma keperawatan:
Manusia akan tertarik dan terikat pada pekerjaannya. Jika informasi yang bermanfaat dan layak pada individu akan membuat keputusan terbaik untuk dirinya sendiri. Tujuan kelompok akan lebih mudah dicapai oleh kelompok. Setiap individu memiliki karakteristik dan motivasi, minat dan cara untuk mencapai tujuan kelompok. Fungsi koordinasi dan pengendalian amat penting dalam pencapaian tujuan. Persamaan kualifikasi harus dipertimbangkan. Individu memiliki hak dan tanggung jawab untuk mendelegasikan kewenangannya pada mereka yang terbaik dalam organisasi.
      Pengetahuan dan keterampilan amat diperlukan dalam pengambilan keputusan yang profesional. Semua sistem berfungsi untuk mencapai tujuan kelompok dan merupakan tujuan bersama untuk menetapkan tujuan bersama.
Filosofi Manajemen Keperawatan.
Mengerjakan hari ini lebih baik dari hari esok. Manajer keperawatan merupakan fungsi utama bidang keperawatan. Peningkatan mutu kinerja perawat.
Pendidikan berkelanjutan. Proses keperawatan individual menunjang pasien untuk mencapai kesehatan optimal. Tim keperawatan bertanggung jawab dan bertanggung gugat untuk setiap tindakan keperawatan yang diberikan. Menghargai pasien dan haknya untuk mendapatkan ASKEP yang bermutu. Perawat adalah advokat pasien.
Perawat berkewajiban untuk memberikan pendidikan kesehatan pada pasien dan keluarga.
Keterampilan manejer :
1.Konseptual.
2.Skill.
3.Hubungan antar manusia. 

E.  KEPEMIMPINAN
☺ Cabang dari ilmu administrasi.
☺ Hubungan antar manusia.
Pengaruh
Ketaatan
Pemimpin
Bawahan
☺ Merupakan ilmu terapan dari ilmu sosial.
1.      Memberikan pemahaman tentang kepemimpinan.
2.      Menginterpretasikan sikap pemimpin.
3.      Memberikan pendekatan terhadap masalah sosial yang terkait dengan fungsi kepemimpinan.

F.  TEORI KEPEMIMPINAN
1.      Generalisasi serangkaian fakta tentang sifat, perilaku dan konsep kepemimpinan.
2.      Menjelaskan latar belakang, dan alasan dan syarat pemimpin.
3.      Menerangkan sifat, peran dan fungsi serta etika profesi yang digunakan pemimpin.

G.  TEKNIK KEPEMIMPINAN
1.      Kepemimpinan dan keterampilan teknis untuk menerapkan teori dan prinsip kepemimpinan.
2.      Konsep pemikiran dan pendekatan yang digunakan 

H.    TUJUAN
☺ Menjadi pemimpin efektif.
☺ Membantu pencapaian tujuan organisasi

I.       TEORI-TEORI KEPEMIMPINAN (LEADERSHIP)
Tujuan:
Mendeteksi persamaan, perbedaan, dan hubungan untuk menjelaskan informasi yang berhubungan dengan teori.
Tappen (1995) Pengorganisasian Teori
1.      Early Leadership Teories
(Trait : Greatman, Behavioral : Task Relationship).
2.      Early Management Theories
(Scientific Management Human Relations)
Contemporary Leader Manager Theories
-          Teori motivasi (x, y, z).
-          Situasional (Contingency).
-          Interactional (Work Unit Culture).
-          Transfortional.
3.      Early Leadership
- Greatman
☺ Percaya/yakin menjadi pemimpin yang baik.
☺ Dibawa dari lahir.
☺ Tidak dapat dipelajari.
☺ Efektif untuk semua situasi.

J.      APLIKASI DALAM KEPERAWATAN

Posisi perawat menentukan posisi dasar dalam kemampuan pemimpin.
Kepemimpinan dibawa dari lahir akan efektif.
Karakteristik Individu
► Aplikasi dalam keperawatan
Keterbatasan fisik mempengaruhi keterampilan pemimpin.
-          TRAIT
☺ Dasarnya teori Greatman.
Identifikasi esensial kepribadian.
- Pengetahuan
- Intelegensi
- Keterampilan
- Energi dan antusias
- Inisiatif
- Self Confidence
☺ Dapat diajarkan pada orang lain.
Aplikasi dalam keperawatan Kepemimpinan perawatan dipengaruhi oleh kepribadian. Diajarkan disekolah/pendidikan keperawatan.

K.    GAYA KEPEMIMPINAN
1.  Autokratis
·         Kebebasan sangat sedikit.
·         Kontrol tinggi.
·         Keputusan oleh pemimpin.
·         Aktivitas pimpinan tinggi.
·         Tanggung jawab pertama oleh pimpinan. Kuantitas, kualitas baik.ÔOut put
·         Sangat efisien.ÔEfficiency
2.      Demokratis
·         Kebebasan sedang.
·         Kontrol sedang.
·         Keputusan pimpinan dengan kelompok.
·         Aktivitas pimpinan tinggi.
·         Tanggung jawab tinggi.Out put, kreatif, High Quality.
Efficiency, kurang efisien dibanding autoriter.
3.   Laissez Faire
·         Sangat bebas.
·         Tidak ada kontrol.
·         Pengambilan keputusan, bisa dari kelompok, juga bisa tidak dilibatkan.
·         Aktifitas pimpinan minimal.
·         Tanggung jawab bebas.
·         Out put ► Bervariasi, kualitas menurun.
·         Effisiensi
·         ► Tidak efisien.
·         Aplikasi dalam keperawatan
Pimpinan belajar kapan, bagaimana, kepada siapa menggunakan gaya
kepemimpinan tersebut.

L.     PERILAKU KEPEMIMPINAN

KATEGORI
-    Kerjasama
-          Organisasi
-    Komunikasi
-    Evaluasi
-    Produktif
-    Initation
-    Reproduktif
-    Domination.

M. APLIKASI DALAM KEPERAWATAN

Pimpinan mengerti apa yang harus dilakukan. Pimpinan keperawatan mengerti konsep dan hubungan dengan orang lain dan tujuan.

N.    PENGORGANISASIAN PELAYANAN KEPERAWATAN
Dalam manajemen banyak aktifitas penting : Mengelola Asuhan keperawatan secara efektif dan efisien untuk sejumlah pasien di RS dengan jumlah tenaga keperawatan dan fasilitas yang ada. Kepala Bidang Keperawatan Menetapkan
-          Kerangka Kerja
-          Mengelompokkan dan membagi kegiatan.
-          Menentukan jalinan hubungan kerja antar tenaga di RS.
-          Menciptakan hubungan antara kepala – staf.: Memudahkan tugas dan memudahkan pengawasan
Prinsip untuk memberikan pelayanan optimal
-          Pembagian kerja.
-          Pendelegasian tugas.
-          Koordinasi.
-          Manajemen waktu.
PEMBAGIAN KERJA
-  Pendidikan dan pengalaman kerja karyawan.
-   Peran dan fungsi perawat di RS.
-   Ruang lingkup tugas kabid keperawatan dan kedudukan dalam organisasi.
-   Batas wewenang dan tanggung jawab.
-   Hal yang dapat didelegasikan kepada staf dan kepada tenaga non keperawatan.
*   Job dikripsi.
*   Pengembangan prosedur.
*   Deskripsi hasil kerja.
#   Jumlah tugas.
#   Perincian aktivitas/ruangan.
#   Perincian tugas yang jelas.
#   Variasi tugas.
#   Penggolongan tugas berdasarkan kesulitan/waktu.
PENDELEGASIAN TUGAS
Pelimpahan wewenang dan tanggung jawab kepada staf dalam batas-batas tertentu. Pendelegasian tergantung :
-   Sifat kegiatan.
-   Kemampuan staf.
-   Hasil yang diharapkan
*   Tetapkan tugas.
*   Pilih orangnya.
*   Uraikan hasil spesifik.
*   Jelaskan batas wewenang dan tanggung jawab staf.
*   Kesimpulan staf tentang tanggung jawabnya.
*   Waktu untuk mengontrol.
*   Berikan dukungan.
*   Evaluasi hasil.
KOORDINASI
Keselarasan tindakan, usaha dan sikap dan penyesuaian antara tenaga diruangan keperawatan. Manfaat Koordinasi :
- Menghindari perasaan lebih penting dari yang lain.
- Menumbuhkan rasa saling membantu.
- Menimbulkan kesatuan tindakan dan sikap antar staf.
MANAJEMEN WAKTU
Pengelolaan waktu dalam memberikan pelayanan keperawatan yang optimal:
- Analisa waktu yang digunakan.
- Memeriksa kembali porsi aktivitas.
- Menentukan prioritas pekerjaan.
- Mendelegasikan.
HAMBATAN PADA MANAJEMEN WAKTU
- Terperangkap dalam pekerjaan.
- Menunda karena takut salah.
- Tamu yang tidak terencana.
- Telepon.
- Rapat yang tidak produktif.
- Tidak dapat mengatakan tidak.
KETENAGAAN
Pengaturan proses mobilisasi potensi, proses motivasi dan pengembangan sumber daya manusia dalam memenuhi kepuasan untuk tercapainya tujuan individu, organisasi dimana di berkarya.
REKRUT TENAGA DAN SELEKSI
Tugas yang sulit dan mencemaskan. Yang perlu diperhatikan :
-   Profil karyawan keperawatan saat itu.
-   Program recruiting.
-   Metode recruiting.
-   Program pengembangan tenaga baru.
-  Prosedur penerimaan.
*   Data biografi.
*   Surat rekomendasi.
*   Wawancara.
*   Psychotest.
ORIENTASI DAN PENGEMBANGAN
a.  Orientasi Institusi
-   Misi, visi Rumah Sakit.
-   Struktur dan kepemimpinan.
-   Kebijakan Rumah Sakit.
-   Evaluasi kerja.
-   Pengembangan staf.
-   Hubungan antara karyawan.
b.  Orientasi Pekerjaan
-   Job deskripsi.
-   Prosedur pekerjaan.
-   Kebijakan.
-   Orientasi tempat/fasilitas yang ada.
c.  Pengembangan
Pengembangan tenaga baru berlaku setelah masa orientasi.
d.  Penghargaan
1.  Promosi.
-   Kenaikan pangkat.
-   Penempatan.
2.  Mutasi
Pemindahan dari pekerjaan/jabatan yang baru ke pekerjaan/jabatan lain.
TUJUAN
-   Mengurangi kejenuhan.
-   Pengembangan.
HAMBATAN DALAM KETENAGAAN
1.  Kemangkiran.
-  Tempat tinggal jauh.
-   Kelompok karyawan yang banyak.
-   Sakit.
2.  Turn-over.
Rata-rata turn-over pertahun dibagi jumlah tenaga perunit di kali 100.
Mengurangi Turn Over
-   Penerimaan karyawan.
-   Peningkatan tugas.
-   Perubahan job deskripsi.
-   Pengembangan.
3.  Kejenuhan
Keadaan dimana individu merasa dirinya kurang kemampuannya, kerja keras tapi kurang produktif.
-   Peran dan fungsi yang kurang jelas.
-   Merasa terisolasi.
-   Beban kerja berlebihan.
-  Terlalu lama pada suatu bagian.
PENGEMBANGAN
Tujuan membantu individu dalam meningkatkan diri dalam :
-   Pengetahuan.
-  Ketrampilan.
-  Pelayanan dibidangnya.
JENIS PENGEMBANGAN
-  Introduksi training untuk staf baru.
-  Orientasi.
-  In house education on the job.
-  Pendidikan berkelanjutan.
PENJADUALAN
Penentuan pola dines dan libur untuk karyawan pada suatu bangsal atau unit tertentu.
Pertimbangan pimpinan dalam penjadualan :
-   Berapa lama jadual disiapkan ?
-   Hari apa kalender penjadualan mulai ?
-  Hari libur mingguan dapat dipecah/beruntun.
-   Waktu kerja maksimum dan minimum ?
-   Berapa lama waktu untuk mengajukan libur mingguan/cuti.
-   Berapa lama sebelumnya jadual dapat dilihat oleh staf.
-   Berapa lama penggantian/rotasi shift ?
-   Apakah ada tenaga ekstra (part time) ?
-   Bagaimana penjadualan yang disusun secara sentralisasi oleh Karu, supervisor, kepala instalasi rawat nginap ?
-   Bagaimana menciptakan komunikasi terbuka antara staf ?
PRINSIP PENJADUALAN
1.  Keseimbangan kebutuhan tenaga dan pekerjaan serta rekreasi.
2.  Siklus penjadualan serta jam kerja adil antar staf.
3.  Semua karyawan ditugaskan sesuai siklus.
4. Bila jadual sudah dibuat penyimpangan dilakukan dengan surat permohonan.
5.  Jumlah tenaga serta komposisi cukup untuk tiap unit dan shift.
6. Jadual harus dapat meningkatkan perawatan yang berkesinambungan dan pengembangan kerja tim.
PENYEBAB OVER STAF
-   Frekuensi dan variasi tidak dapat diramalkan.
-   Kecenderungan pimpinan membuat kompensasi dengan menghitung tenaga
berdasarkan sensus maksimal.
-  Keluhan pasien tentang pelayanan.
-  Delegasi untuk diagnostik.
PENANGGULANGAN TENAGA
Mengontrol variasi ketenagaan dengan jalan kombinasi jam dinas tenaga lepas dan pemerataan. Pertukaran dinas rotasi merupakan hal yang umum. Manusia perlu adaptasi perubahan lingkungan. Adaptasi terhadap ritme tubuh.
Manfaat pertukaran dinas yang sesuai pola kehidupan perawat.
-   Perawat dapat menyusun pola hidupnya dalam keluarga.
-  Memudahkan kepala ruangan mengevaluasi.
MACAM-MACAM CARA DINAS :
-  7 jam/shift : 6 hari kerja : 40 jam/minggu.
-  8 jam/shift : 5 hari kerja : 40 jam/minggu.
-   10 jam/shift : 4 jam kerja : 4 jam/minggu.
PERHITUNGAN TENAGA KEPERAWATAN.
1.      Peraturan Menkes RI No. 262/Menkes/Per/VII/1979, tentang perbandingan tempat tidur dengan jumlah perawat : RS tipe A–B, perbandingan minimal.
3–4 perawat : 2 tempat tidur.
2.      Hasil workshop perawatan di ciloto, 1971.
Jumlah perawat:Pasien = 5: 9/shift, dengan 3 shift/24 jam dengan perhitungan sbb :
-   Hari kerja efektif/tahun : 225 – 260 hari.
-   Libur mingguan : 52 hari.
-  Cuti tahunan : 12 hari.
-   Hari besar : 10 hari.
-  Sakit/Izin : 12 hari.
-  Cuti hamil rata-rata : 29 hari.
3. Menurut Depkes Filipina tahun 1984.
-   Jam rata-rata pasien dalam 24 jam.
*  Interna 3,4 jam.
*  Bedah 3,5 jam.
*  Bedah dan interna 3,4 jam.
*  Post partum 3,0 jam.
*  Bayi 2,5 jam.
* Anak-anak 4,0 jam.
4.   Menurut Althaus et al 1982 dan Kirk 1981 :
-   Level I (Minimal) : 3,2 jam.
-  Level II (Intermediate) : 4,4 jam.
-  Level III (Maksimal) : 5,6 jam.
-   Level IV (intensif care) : 7,2 jam.
Catatan :
BOR = * PT * TT
KLASIFIKASI PASIEN
1.   Self Care.
Membutuhkan waktu 1 – 2 jam dengan waktu efektif 1,5 jam/24 jam.
2.   Minimal Care.
Membutuhkan waktu 3 – 4 jam dengan waktu efektif 3,5 jam/24 jam.
3.   Intermediate.
Membutuhkan waktu 5 – 6 jam dengan rata-rata waktu efektif 5,5 jam/24 jam.
4.   Modified Intensif Care.
Membutuhkan waktu 7 – 8 jam dengan waktu rata-rata 7,5 jam/24 jam.
5.  Intensif Care.
Membutuhkan waktu 10 – 14 jam dengan rata-rata efektif 12 jam/24 jam.
CARA MENGHITUNG JUMLAH PERAWAT/TAHUN :
1.   Disesuaikan dengan kebijakan RS yaitu dengan :
Menentukan jumlah perawatan efektif pasien dalam 24 jam.  Jumlah hari kerja efektif perawat dalam 1 tahun. Penggunaan tempat tidur rata-rata. Analisa kegiatan untuk memenuhi kebutuhan pasien.
1.  Jumlah jam perawatan yang dibutuhkan/tahun :
Jumlah rata-rata pasien/hari x rata-rata jam perawatan dalam 24 jam x jumlah hari dalam 1 tahun.
2.  Jam kerja perawat dalam 1 tahun :
Hari kerja efektif x jam kerja sehari.
3.  Tenaga yang dibutuhkan :
Jumlah jam perawat dalam 1 tahun
PERHITUNGAN TENAGA YANG CUTI HAMIL
1.  Cara menghitung jumlah perawat yang bertugas dalam 24 jam.
Cari jumlah seluruh petugas perawatan yang dibutuhkan/24 jam.
Rata-rata jumlah pasien x rata-rata jam perawatan pasien dalam 24 jam
Jumlah jam kerja/hari
2.  Cara menghitung jumlah perawat yang bebas tugas :
Total jumlah hari yang tidak dibutuhkan x karyawan yang bekerja
Total jumlah hari kerja/tahun/orang

PENGORGANISASIAN DALAM KEPERAWATAN


PENGORGANISASIAN DALAM KEPERAWATAN

 

1.  PENDAHULUAN
Manajemen merupakan proses penatalaksanaan kegiatan organisasi melalui upaya orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan manajemen keperawatan merupakan pengalokasian aktifitas keperawatan yang dilaksanakan oleh para perawat dalam upaya memberikan pelayanan keperawatan yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat.
Perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan tidak dapat bekerja sendiri, tetapi harus bekerja sama dengan tim kesehatan lain untuk menyelesaikan masalah kesehatan yang dihadapi klien. Kerjasama tersebut harus ditata sehingga menghasilkan pelayanan kesehatan yang berkualitas, penataan yang dimaksud adalah pengorganisasian segala sumber yang bisa dimanfaatkan untuk mencapai tujuan pelayanan keperawatan.
Pengorganisasian adalah langkah kedua dalam manajemen yang sangat penting dilakukan oleh setiap unit kerja/unit organisasi (Subur,1997). Pengorganisasian dalaam keperawatan dimaksudkan untuk mengelompokkan aktifitas-aktifitas dengan sasaran untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Penugasan masing-masing kelompok diberikan kepada pimpinan yang diberi wewenang untuk mengawasi sekaligus melakukan koordinasi dengan unit lain baik secara horizontal maupun vertikal.

2.   PENGERTIAN
Pengorganisasian adalah proses pengelompokan orang, alat - alat, tugas - tugas, kewenangan dan tanggung jawab yang seimbang dan sesuai dengan rencana operasional sehingga suatu organisasi dapat digerakkan sebagai suatu kesatuan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan ( Subur,1997 ).
Pengorganisasian meliputi proses memutuskan tingkat organisasi yang diperlukan untuk obyektif divisi keperawatan, departemen, pelayanan atau unit. Setiap unit harus melalui tipe pekerjaan , yang langsung dilakukan terhadap klien, macam perawat sesuai dengan pekerjaan , serta jumlah pengelola atau supervisi yang diperlukan ( Swanburg, 2000 ).
Proses pengorganisasian dapat dirinci sebagai berikut :
1.      Memahami tujuan
2.      Menetapkan tugas pokok dan merinci kegiatan
3.      Mengelompokkan tugas / jabatan
4.      Menyusun struktur organisasi dan departementasi
5.      Menyusun otoritas organisasi
6.      Mengisi jabatan / staffing
7.      Fasilitating

3.  KONSEP PENGORGANISASIAN
Dalam menganalisa pengaruh pola formal organisasional pada sifat dasar komunikasi antara para pekerja, perlu untuk mengerti konsep sebagai berikut:
  1. Peran
Peran diartikan sebagai suatu set perilaku dan sikap yang diharapkan dari seseorang oleh mereka yang berinteraksi dengannya. Peran seseorang diartikan oleh harapan - harapan orang lain, individu tersebut sangat bergantung pada harapan mereka bagi aspek identitas pribadinya. Sepanjang hidupnya seseorang memegang serangkaian peran, yang berubah dengan perubahan keadaan hidupnya. Sebagai pekerja sebuah departemen keperawatan, perawat dapat memegang beberapa peran jabatan pada waktu yang sama. Kepala perawat tertentu merupakan bawahan bagi atasannya, seorang supervisor bagi staf perawatnya, rekan kerja kepala perawat lainnya dan mungkin kepala panitia atau konsultan bagi para pekerja di divisi lain dalam organisasinya. Karena perbedaan sikap dan perilaku diperlukan dalam pelaksanaan masing-masing peran, kepala perawat yang telah diuraikan di atas harus sering "merubah seragam" selama hari kerjanya, penyesuaian dan penyesuaian ulang ekspresi wajah, bahasa tubuh, nada suara dan bahasa untuk memenuhi harapan pihak yang berkepentingan lainnya yang telah mengartikan setiap peran.
  1. Kekuasaan
Kekuasaan merupakan kemampuan untuk mempengaruhi orang lain agar bersikap sesuai dengan harapan seseorang. Karena kekuasaan tumbuh dari interaksi manusia, kekuasaan tidak bersifat statis, tetapi terus menerus berubah. Perolehan kekuasaan oleh perawat perorangan tampaknya memudahkan perolehan kekuasaan yang lebih besar dalam situasi yang sama. Kemungkinan karena meningkatnya  jumlah komunikasi dengan yang lain atau perubahan dalam kualitas komunikasi tersebut. Begitu juga sebaliknya, kehilangan kekuasaan seorang pekerja bisa mengubah hubungan timbal baliknya dengan yang lain sehingga membuatnya terus menerus kehilangan kekuasaan seiring dengan waktu. Kekuasaan terdiri dari beberapa jenis yaitu: kekuasaan memberikan penghargaan (Reward power) adalah kesanggupan untuk memberikan penghargaan terhadap yang lain, kekuasaan paksaan (Coercive power) adalah kesanggupan untuk menerapkan hukuman kepada yang lain. Menejer perawat dapat menghukum seorang pegawai melalui penurunan pangkat, skors, atau pemecatan. Kekuasaan referensi (Referent power) adalah kemampuan mengilhami kebanggaan tertentu pada yang lain sehingga mereka berharap untuk mengidentifikasikan diri mereka sendiri dengan obyek kekaguman mereka. Kekuasaan ahli (Expert power) merupakan kemampuan untuk meyakinkan yang lain supaya seseorang  memiliki derajat pengetahuan dan keahlian tinggi dalam area spesialisasi.
  1. Status
Konsep status berhubungan erat dengan konsep kekuasaan. Status dapat diartikan sebagai urutan penganugerahan suatu kelompok kepada seseorang yang sesuai dengan penilaian mereka atas pekerjaan dan sumbangsihnya. Derajat status yang diberikan kepada pekerjaan tertentu erat kaitannya dengan jarak dari hierarki organisasi tingkat atas, jumlah keahlian yang diperlukan dalam melaksanakan tugas kerja tersebut, derajat pelatihan khusus, atau pendidikan yang diperlukan bagi posisi tersebut, tingkat tanggung jawab dan otonomi yang diharapkan dalam pelaksanaan kerja dan gaji yang didapat dari jabatan tersebut. Status masing - masing perawat tergantung pada posisi dari departemen kesehatan dalam tabel organisasi unit kerjanya. Status sebuah kelompok dikaitkan dengan kemampuannya dalam mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan kelompok. Kebanyakan perawat percaya bahwa tujuan keperawatan bagi perawatan klien dan kesembuhannya sama pentingnya dengan kesejahteraan klien seperti juga dengantujuan pengobatan medis atau tujuan administrasi keuangannya.

  1. Wewenang
Konsep wewenang secara berbelit - belit dihubungkan dengan konsep tanggung jawab. Jabatan pada hierarki keperawatan puncak dihubungkan dengan lapisan atas dari tanggung jawab dan wewenang. Jadi status yang tinggi dihubungkan dengan wewenang yang memberi status pekerjaan tinggi bagaimanapun dapat diserahkan pada jabatan di lapisan rendah struktur organisasi.

  1. Kepusatan (Centrality)
Konsep sentralisasi/kepusatan organisasi mengacu pada kenyataan bahwa beberapa jabatan ditempatkan sedemikian rupa dalam struktur organisasi sehingga melibatkan si pemegang jabatan ke dalam seringnya komunikasi dengan sejumlah besar pekerja lainnya. Sebaliknya, jabatan lainnya ditempatkan sedemikian rupa sehingga terjadi sedikit komunikasi di antara pemegang jabatan dengan yang lainnya. Dengan menggunakan skema organisasi lembaga tersebut, adalah mungkin untuk menghitung jumlah langkah atau pertukaran  pembicaraan yang diperlukan guna menyampaikan informasi kepada jabatan yang diberikan dari setiap posisi lain dalam jaringan kerja tersebut. Jumlah langkah bagi orang atau jabatan tertentu disebut total jarak organisasi. Penambahan jarak perseorangan bagi semua pegawai dalam organisasi dan membaginya dengan jumlah pegawai akan menghasilkan jarak rata - rata organisasi (Average organizational distance) bagi semua jabatan dalam struktur itu. Dengan membandingkan total jarak organisasi seseorang dengan jarak rata - rata bagi seluruh struktur, seseorang dapat menentukan setiap jarak relatif organisasi (Relative organizational distance) pegawai. Para pegawai dengan jarak relatif organisasi yang  terkecil adalah yang paling pokok dalam struktur tersebut. Mereka lebih banyak menerima informasi yang berhubungan dengan kerja di banding pekerja pokok. Terhadap pekerja yang berpengetahuan, informasi adalah bahan mentah untuk produksi. Karena pekerja yang lebih terpusat secara organisasi seharusnya lebih produktif dibanding pekerja yang kurang terpusat.

  1. Komunikasi (Communication)
Semua pekerjaan dalam sebuah kelompok manusia dilakukan melalui dan karena komunikasi antar pekerja. Komunikasi biasa diartikan sebagai pengiriman informasi dan opini antar manusia. Diperlukan pendahuluan pesan oleh si pengirim dan persepsi pesan yang sama oleh si penerima pesan. Kebanyakan ahli komunikasi percaya bahwa penangkapan pesan tersebut merupakan aspek yang lebih kritis dari proses dan usaha memperbaiki kualitas serta akurasi komunikasi sebaiknya dimulai dengan mengajari manusia bagaimana mendengar secara bersungguh - sungguh dan kritis terhadap semua aspek pesan yang dikirim. Adalah mungkin untuk melatih pengirim pesan agar mengatur, mengulang, dan merangkum informasi sehingga memaksimalkan pengertian oleh si penerima pesan. Pengirim pesan dapat diajari  memperkuat isi verbal setiap pesan dengan ekspresi yang sesuai dan gerak isyarat untuk menekankan konsep kunci serta untuk mendapatkan masukan dari si penerima pesan sebagai tanda atas keefektifan komunikasi.

4.   PRINSIP - PRINSIP PENGORGANISASIAN 
Untuk mencapai tujuan dalam pengorganisasian diperlukan prinsip - prinsip sebagai berikut :
1.  Prinsip rantai komando
Rantai komando menyatakan bahwa untuk memuaskan anggota, efektif secara ekonomis dan berhasil dalam mencapai tujuan mereka, organisasi dibuat dengan hubungan hierarkis dalam alur autoritas dari atas ke bawah. Prinsip ini mendukung struktur mekanistis dengan autoritas sentral yang mensejajarkan autoritas dan tanggung jawab. Komunikasi terjadi sepanjang rantai komando dan cenderung satu arah ke bawah. Pada organisasi keperawatan modern, rantai komando ini adalah datar, dengan garis menejer dan staf teknis serta administrasi yang mendukung stap perawat teknis.
2.   Prinsip kesatuan komando
Kesatuan komando menyatakan bahwa seorang pekerja mempunyai satu penyelia dan terdapat satu pimpinan dan satu rencana untuk kelompok aktifitas dengan obyektif yang sama. Prinsip ini masih diikuti pada kebanyakan organisasi keperawatan tetapi masih terus dimodifikasi dengan memunculkan teori organisasi. Keperawatan primer dan manajemen kasus mendukung prinsip kesatuan komando ini, seperti juga praktek bersama.
3.   Prinsip rentang kontrol
Rentang kontrol menyatakan bahwa individu harus menjadi penyelia suatu kelompok bahwa ia dapat mengawasi secara efektif dalam hal jumlah, fungsi, dan geografi. Prinsip asal ini telah menjadi elastis makin sangat terlatih pekerja makin kurang pengawasan yang diperlukan. Pekerja dalam masa latihan memerlukan lebih banyak pengawasan untuk mencegah terjadinya kesalahan. Bila digunakan tingkat yang berbeda dari pekerja keperawatan, menejer perawat harus lebih banyak mengkoordinasikan.
4.   Prinsip spesialisasi
Spesialisasi menyatakan bahwa setiap orang harus dapat menampilkan satu fungsi kepemimpinan tunggal. Sehingga ada divisi tenaga kerja : suatu perbedaan di antara berbagai tugas. Spesialisasi dianggap oleh kebanyakan orang menjadi cara terbaik untuk menggunakan individu dan kelompok. Rantai komando menggabungkan kelompok -kelompok dengan spesialitas yang menimbulkan fungsi departementalis.
5.   Prinsip pembagian kerja
Merupakan perincian dan pengelompokan aktifitas yang semacam atau erat hubungannya satu sama lain yang dilakukan oleh suatu bagian atau unit kerja tertentu. Prinsip dasarnya adalah untuk mencapai efisiensi pelaksanaan kerja dimana orang mengerjakan kegiatan tertentu sesuai dengan kemampuannya. Hal - hal yang harus diperhatikan dalam pembagian kerja adalah :
a.   Setiap unit kerja mempunyai perincian tugas dan  aktifitas  yang    akan dilakukan, secara jelas dan tegas.
b.   Setiap staf atau anggota organisasi harus memiliki perincian tugas, tanggung jawab dan wewenang.
c.  Beban tugas yang diberikan kepada staf atau unit organisasi harus sesuai dengan kemampuan.
d.  Variasi tugas yang diberikan hendaknya diusahakan yang sejenis atau erat hubungannya satu sama yang lain.
e.   Penempatan staf harus tepat dan sesuai.
f.    Penambahan atau pengurangan tenaga harus berdasarkan beban kerja.

Dalam pembagian kerja ada beberapa dasar yang perlu diperhatikan yang dapat dipakai sebagai pedoman :
a.   Pembagian kerja atas dasar wilayah atau teritorial, misalnya koordinator perawatan yang berada di lantai dua rumah sakit yang terdiri dari ruang penyakit dalam kelas dua, ruang bedah umum kelas dua, dan sebagainya.
b. Pembagian kerja atas jenis barang atau jasa yang diproduksi. Misalnya koordinator asuhan keperawatan ruang unit bedah, koordinator pendidikan keperawatan, koordinator pengendalian mutu pelayanan keperawatan.
c.   Pembagian kerja berdasarkan waktu / shift pagi, siang, dan malam.
d.  Pembagian atas dasar konsumer yang dilayani, misalnya perawat yang khusus merawat klien dengan penyakit kulit, THT, dan lain - lain.
6.  Prinsip pendelegasian
Pendelegasian adalah pelimpahan wewenang atau kekuasaan. Kekuasaan merupakan hak seseorang untuk mengambil tindakan yang perlu agar tugas dan fungsinya dapat dilaksanakan dengan baik. Wewenang atau kekuasaan itu terdiri dari berbagai aspek antara lain wewenang mengambil keputusan , menggunakan sumber daya, memerintah, dan menggunakan batas waktu tertentu. Adapun manfaat pendelegasian adalah :
a.       Pimpinan dapat melakukan tugas pokok saja.
b.      Setiap staf atau perawat memiliki wewenang sesuai dengan tugasnya.
c.       Meningkatkan kemampuan staf.
d.      Kegiatan tetap berjalan walaupun pimpinan tidak ada.
e.       Pelatihan dan kaderisasi untuk meningkatkan jenjang karir.

Dalam melakukan pendelegasian seorang pimpinan hendaknya memperhatikan kemampuan orang yang diberi wewenang atau pendelegasian, memperhatikan pendapat orang yang diberi wewenang, melakukan bimbingan, menggerakkan dan melakukan pengontrolan.
Prinsip - prinsip organisasi yang telah disebutkan di atasadalah saling ketergantungan dan dinamis bila digunakan oleh manajer perawat untuk menciptakan lingkungan yang merangsang dalam praktek keperawatan klinis.

     Dalam keperawatan, pengorganisasian pelayanan keperawatan dilaksanakan dengan cara ( Burgess 1988 & Gillies 1988 ) :
1.      Fungsional / penugasan.
Yaitu pembagian tugas untuk perawat yang dilakukan oleh kepala ruangan masing - masing mempunyai tugas khusus.
2.  Alokasi pasien
Yaitu pengorganisasian pelayanan keperawatan untuk beberapa klien / satu klien oleh  satu perawat saat berjaga.
3.  Perawatan group / team nursing
Yaitu pelayanan lapangan dimana sekelompok perawat memberikan pelayanan keperawatan kepada sekelompok klien, kelompok ini dipimpin oleh perawat yang berijasah dan berpengalaman.
4.      Pelayanan keperawatan utama
Yaitu pengorganisasian dalam pelayanan keperawatan sehingga satu orang primary nursing dalam 24 jam bertanggung jawab pada klien yang di bawah tanggung jawabnya dari masuk RS sampai pulang.

5.     STRUKTUR ORGANISASI RUMAH SAKIT DI INDONESIA
Struktur organisasi rumah sakit dan lembaga - lembaga yang berkaitan dengan rumah sakit tidak dapat digambarkan secara seragam. Tetapi beberapa hal tentang struktur organisasi tersebut dapat dipaparkan sebagai berikut :
1.      Struktur organisasi Depkes RI
2.      Kaitan organisasi RSUD dengan Depkes RI dan Depdagri
3.      Organisasi RS Swasta
4.      RS Pemerintah
Struktur organisasi dan tata kerja RSU pemerintah diatur dalam SK Menkes RI No. 134/Menkes/SK/IV/78 tahun 1978 yang berlaku untuk RS Umum kelas A, B, dan C yang dapat digambarkan sebagai berikut :
Rincian tugas :
a. Direktur rumah sakit mempunyai tugas : memimpin, mengawasi, dan mengkoordinasikan tugas - tugas rumah sakit sesuai dengan peraturan perundang - undangan yang berlaku.
Direktur rumah sakit dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh :
-          Unsur bantuan kepemimpinan : para wakil direktur
-          Unsur bantuan administrasi : kepala bagian sekretariat
-          Unsur bantuan pelaksanaan fungsional : para kepala bidang
-          Unsur bantuan pelaksanaan keuangan : bidang keuangan
-          Unsur bantuan fungsional : kepala unit pelaksana fungsional.
b.  Bagian sekretariat mempunyai tugas :
-     Mempersiapkan dan menyusun program laporan mengenai kegiatan semua satuan organisasi dalam lingkungan RS
-          Melakukan pengelolaan pegawai urusan ketata - usahaan
-          Melakukan ketata -  usahaan  penderita rawat inap
-          Melaksanakan pencatatan medis
c.  Instalasi 
Bertugas sebagai penunjang UPF, yang meliputi :
-          Farmasi
-          Patologi
-          Laboratorium
-          Gizi
-          Pemeliharaan RS
-          Kamar jenasah
d.  Unit  pelaksana fungsional
Melakukan usaha pelayanan kesehatan :
-          Promotif
-          Preventif
-          Kuratif
-          Rehabilitatif
-          Rujukan
e.   Bidang - bidang
Bidang penunjang medis : mengkoordinasikan seluruh kebutuhan
-          Unit - unit :     unit anestesi dan perawatan intensif
           unit pelayanan darurat medis
           unit radiologi
           unit pelayanan rehabilitasi
-          Instalasi
Bidang pelayanan medis : mengkoordinasikan seluruh unit pelaksana fungsional yang langsung atau tidak langsung memperlancar kegiatan pelayanan kegiatan pada UPF.
Bidang pendidikan dan latihan mempunyai tugas :
1)  Mengatur dan mengkoordinasikan pendidikan dan latihan dokter, dokter ahli, dan paramedis.
2)      Melaksanakan penataran medis dan paramedis dalam rangka sistem rujukan.
3)      Melaksanakan kegiatan perpustakaan
Bidang keuangan mempunyai tugas :
1)      Mempersiapkan dan menyusun anggaran pendapatan dan belanja, pertanggung jawaban keuangan .
2)      Melakukan tata usaha keuangan, pengelolaan bendahara.
3)    Pengelolaan penerimaan, pembukuan penyetoran ke kas negara dan pertanggung jawaban keuangan yang diperoleh dari pelayanan RS.

6.  PENUTUP
Fungsi manajemen keperawatan dalam organisasi adalah mengembangkan seseorang. Hal tersebut berjalan bilamana perawat mau  belajar dan menggunakan ilmu yang ditunjukkan oleh pengalaman dan penelitian yang dikembangkan agar fungsi organisasi dalam manajemen keperawatan semakin berkembang.
Perawat manajer perlu bekerja untuk struktur organisasi ideal. Mereka harus membangun, menguji, mengakui kesalahan, berkompromi, dan menerima. Mereka harus merancang organisasi yang sederhana untuk menyelesaikan pekerjaan. Organisasi adalah produktif jika orang memberikan perhatian yang memenuhi kebutuhan klien dan setiap karyawan merasakan kepuasan.
Perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan kepada klien tidak dapat bekerja sendiri, tetapi harus bekerja sama dengan tim kesehatan lain untuk menyelesaikan masalah kesehatan yang dihadapi klien. Kerja sama antar perawat dengan tim kesehatan tersebut harus ditata sehingga menghasilkan pelayanan kesehatan yang berkualitas, penataan yang dimaksud adalah pengorganisasian segala sumber yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan pelayanan keperawatan.

DAFTAR PUSTAKA
Gillies, D. A. ( 1989 ). Nursing Management, A System  Approach.WB Saunders
Company. Philadelphia.
Prayitno, Subur. ( 1997 ). Dasar - dasar administrasi kesehatan masyarakat. Airlangga University Press. Surabaya.
Prayitno, Subur. ( 2000 ). Administrasi Rumah Sakit di Indonesia. FKUA. Surabaya.
  Sullivan, E.J.et al. ( 1990 ). Management and Leadership for Nurse Manager. Jones and Barlett Publisher. Boston.
Swanburg, C Russel. ( 2000 ). Pengantar Kepemimpinan dan Manjemen Untuk Perawat Klinis. EGC. Jakarta.