INFORMASI
YANG HARUS DIKAJI PADA PENGKAJIAN MENGGUNAKAN 11 POLA FUNGSI KESEHATAN GORDON 
| 
No  | 
Pola
  Fungsi Kesehatan | 
Data
  yang harus dikaji | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 
1 | 
Persepsi
  Kesehatan dan Managemen Kesehatan | 
· Penjelasan
  mengenai status kesehatannya 
· Persepsi
  pasien mengenai kesehatan secara umum (baik, sedang, jelek) 
· Bagaimana
  kondisi kesehatan 
· Hal
  yang dianggap penting dalam perawatan kesehatan? Seberapa besar itu dapat
  membantu? 
· Apa
  yang diketahui mengenai penyakitnya? Tindakan yang dilakukan untuk mengurangi
  tanda dan gejala. Hasilnya bagaimana? 
· Promosi
  kesehatan: mengatur pola makanan dan minuman, latihan dan olahraga teratur,
  gaya hidup yang dijalankan. 
· Riwayat
  penyakit sebelumnya (penyakit, pembedahan, penyakit kronis) 
· Riwayat
  imunisasi 
· Perokok
  dan menggunakan alkohol. 
· Hal
  yang dilakukan untuk menjaga kesehatan (merokok, menggunakan obat-obatan atau
  pemeriksaan SADARI???? 
· Perilaku
  untuk mengatasi masalah kesehatan: diet, latihan dan olah raga, pengobatan. 
· Berpartisipasi
  dalam perawatan kesehatan 
· Sedang
  dalam masa pengobatan penyakit (mendapatkan obat-obatan) 
· Kecelakaan
  (dirumah, kerja dan berkendara) 
· Safe
  environtment à
  detektor asap rokok, tangga dll. 
· Pemeriksaan:
  penampilan keadaan umum secara lengkap. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 
2 | 
Nutrisi dan
  Metabolisme | 
· Tipe
  makanan dan minuman sehari-hari (jelaskan) 
· Frekuensi
  makan dan minum 
· Kebiasaan
  jumlah makan dan minuman ringan (snack). 
· Suplemen
  yang digunakan (vitamin, tipe snack) 
· Kepuasan
  akan berat badan 
· Faktor-faktor
  yang berhubungan: aktivitas yang dilakukan, penyakit (akut/kronis) dan
  stress. 
· Faktor
  pencernaan: 
è Nafsu
  makan, rasa nyaman saat makan, kesulitan menelan, mual/muntah, alergi
  makanan. 
· Riwayat
  yang berhubungan dengan masalah fisik/psikologis (diet, masalah kulit; lesi,
  kering, penyembuhan luka yang lama). 
· Masalah
  pada gigi. 
· Pemeriksaan:
  yang berkaitan dengan keadaan umum, kulit, rambut, kuku, abdomen. 
-
  Kaji
  penampilan umum ( well nourished, well developed, over weight, under weight ) 
- Kulit:
  bony prominence, lesi, perubahan warna, rash, scars, ekimosis, diaporesis kelembaban. 
- Membran
  mukosa: warna, kelembaban, lesi 
- Gigi:
  penampilan umum, gigi yang hilang. 
- TB,
  BB dan BMI 
- Suhu
  tubuh 
- Monitoring
  gula darah 
- IV
  dan parenteral (jenis, jumlah). 
-
  Kaji
  Braden Scale 
-
  Kaji
  turgor kulit 
-
  Monitor
  body temperature 
-
  Observasi
  kondisi mulut, bibir, mebran mukosa lain 
-
  Observasi
  kondisi gigi, ada / tdk masalah gusi, perdarahan 
-
  Lihat
  adanya bukti penyembuhan luka 
-
  Lihat
  integritas rambut dan kuku 
-
  Catat
  intake oral dan cairan intravena | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 
3 | 
Eliminasi | 
Kebiasaan pola BAK: 
· Frekuensi,
  warna, jumlah, warna, bau, nyeri, nocturia, kemampuan mengontrol BAK dan
  perubahan lainnya. 
· Penggunaan
  alat bantu urine catheter, ureterostomy. 
Kebiasaan pola BAB: 
· Frekuensi,
  warna, jumlah, warna, jumlah, konsistensi, nyeri, obstipasi, konstipasi,
  kemampuan mengontrol BAB dan perubahan lainnya. 
· Penggunaan
  laksatif/enema 
· Penggunaan
  alat bantu ekstrotory: drainage, suction, colcostomy dll. 
· Kemampuan
  perawatan diri: kebersihan diri dan kamar mandi. 
· Pemeriksaan 
è Ada
  indikasi: pemeriksaan sekret/warna drainage dan konsistensi. 
è Pemeriksaan
  fisik yang berkaitan dengan: abdomen, genitalia dan prostat. 
Abdomen: termasuk
  inspeksi abdomen, peristaltik usus, flatus, softnes, distensi, massa,
  hemoroid, drain atau alat bantu pengumpulan lain. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 
4 | 
Aktivitas dan
  Latihan | 
Muskuloskeletal 
· Aktivitas
  yang dilakukan setiap hari. 
· Pola
  latihan?? Tipe? Reguler?? 
· Latihan
  pada saat waktu senggang? Anak-anak: bermain. 
· Tidak
  mempunyai tenaga untuk melakukan aktivitas? 
· ROM 
· Riwayat
  yang berhubungan dengan masalah fisik/psikologis: deformitas, amputasi. 
· Kemampuan
  perawatan diri untuk: 
è   
  Makan, berpakaian, memasak,
  mandi, belanja, toileting, mobilisasi, bed mobility dan home maintenance. 
· Functional
  Level Codes: 
Level 0: mandiri 
Level I: menggunakan alat bantu 
Level II: menggunakan bantuan atau observasi
  dari orang lain 
Level III: menggunakan bantuan atau observasi
  dari orang lain dan menggunakan alat bantu 
Level IV: tergantung total 
· Penggunaan
  alat bantu: kruk, prostetik, kursi roda, tongkat dll. 
Cardiovaskuler 
· Nadi
  (teratur/tidak) 
· Tekanan
  darah 
· Ekstermitas: 
- Suhu,
  capilarry refill, warna, Homan’s sign, kuku, distribusi rambut
  (normal/abnormal), nadi (femoral, popliteal, dorsalis, post tibial,
  klaudikasi. 
Respirasi
   
· Inspeksi
  dada  
· Pernafasan
  (rate, kedalaman, regular/irregular, dyspnea) 
· Batuk:
  kering/sputum 
· Auskultasi
  dada (crackles, ronchi, friction rub, rales, wheezing) 
· Chest
  tube, trakeostomy. 
· Oksigenasi
   
· Pemeriksaan: 
- Pengkajian
  perkembangan fisik 
- Pemeriksaan
  fisik 
- Mendemonstrasikan
  kemampuan untuk: 
è    Makan,
  berpakaian, memasak, mandi, belanja, toileting, mobilisasi, bed mobility dan
  home maintenance. 
è    Skala
  kekuatan otot 
è    ROM 
è    TTV 
è    Kemampuan
  untuk merawat diri: berpakaian, mandi, kekamar mandi, makan. 
 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 
5 | 
Tidur dan
  Istirahat | 
· Kebiasaan
  tidur sehari-hari: 
- Jumlah/lama
  waktu tidur 
- Jam
  tidur dan bangun 
-  Kegiatan yang dilakukan sebelum tidur
  (membaca, nonton TV, mandi, mendengarkan musik dll) 
- Lingkungan
  saat akan tidur (gelap, terang tenang, ramai dll) 
- Tingkat
  kesegaran sebelum tidur. 
· Menggunakan
  obat tidur 
· Masalah
  saat tidur? Mimpi buruk, terbangun awal 
· Persepsi
  terhadap kualitas dan kuantitas tidur. 
· Pemeriksaan: 
- Observasi
  pola tidur | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 
6 | 
Kognitif dan
  Persepsi | 
· Menggambarkan
  penginderaan khusus: penglihatan, pendengaran, rasa, sentuh, bau. 
· Penggunaan
  alat bantu: kaca mata, alat bantu dengar. 
· Perubahan
  dalam penglihatan, pendengara, perasa, pembau. 
· Tingkat
  kesadaran 
· Mood
  (subjektive), afek (objektive) 
· Perubahan/penurunan
  fungsi dalam penginderaan. 
· Tingkat
  orientasi: orang, waktu, tempat. 
· Persepsi
  dan manajemen nyeri (tingkat, lokasi, waktu/durasi, karakteristik) 
· Kapan
  nyeri yang dirasakan? 
· Faktor
  pencetus nyeri? 
· Faktor
  yang mengurangi nyeri? 
·
  Fungsi
  kognisi dalam
  memori istilah, ingatan jangka pendek, ingatan jangka panjang 
·
  Komunikasi;
  bahasa utama, bahasa lain, tingkat pendidikan, kemampuan membaca dan menulis 
·
  Kemampuan
  memecahkan masalah dan mengambil keputusan. 
·
  Mengidentifikasi
  kehilangan/perubahan yang  besar dalam
  hidup. 
· Pemeriksaan: 
- Test
  Orientasi: waktu, tempat dan orang. 
- Test
  membaca dan berkomunikasi 
- Test
  hal yang baru dipelajari. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 
7 | 
Persepsi Diri dan
  Konsep Diri | 
· Penampilan/keadaaan. 
· Tingkat
  kecemasan (subjektive – skala 1-10), (objektive – perubahan raut muka,
  perubahan suara,  
· Identitas
  personal, menjelaskan tentang diri sendiri.  
· Perubahan
  dalam tubuh yang tidak dapat diterima. Masalah pada pasien. 
· Perubahan
  yang dirasakan pada diri sendiri semenjak sakit.. 
· Perasaan
  yang membuat marah, takut, bingun. 
· Pernahkah
  merasa kehilangan harapan. 
· Harga
  diri: penilaian diri sendiri. 
· Ancaman
  terhadap konsep diri: sakit, perubahan peran. 
· Pemeriksaan: 
- Kontak
  mata, perhatian (distraksi) 
- Pola
  suara (nervous.(Nervous (5) or relaxed (1); rate from 1 to 5). 
- Pola
  bicara (Assertive (5) or passive (1); rate from 1 to 5). | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 
8 | 
Peran dan
  Hubungan | 
· Tinggal
  bersama keluarga/sendiri. 
· Status
  pekerjaan. 
· Gambaran
  mengenai peran yang berkaitan dengan keluarga, teman-teman dan rekan. 
· Kepuasan/ketidak
  puasan menjalankan peran 
· Efek
  terhadap status kesehatan 
· Pentingnya
  keluarga 
· Interaksi
  bersama keluarga 
· Struktur
  dan dukungan keluarga 
· Proses
  pengambilan keputusan dalam keluarga 
· Berpartisipasi
  dalam kegiatan sosial  
· Apakah
  penyakit dapat menyebabkan perubahan yang sangat besar terhadap pola peran
  dan hubungan. 
· Masalah
  dan/keprihatinan dalam keluarga 
· Pola
  membesarkan anak 
· Hubungan
  dengan orang lain 
· Merasa
  kecukupan akan kondisi sosial ekonomi (keuangan). 
· Merasa
  (terisolasi) oleh tetangga sekitar. 
· Pemeriksaan: 
- Interaksi
  dengan anggota keluarga atau orang lain (jika ada). | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 
9 | 
Seksualitas dan
  Reproduksi | 
· Masalah
  atau problem seksual 
· Kepuasan
  berhubungan seksual? Ada perubahan/masalah? 
· Gambaran
  perilaku seksual: perilaku seksual yang aman. 
·    
  Penggunaan alat kontrasepsi? KB 
·
  Kecemasan terhadap sex 
·
  Pengetahuan
  tentang seksualitas dan reproduksi 
·
  Dampak
  pada status kesehatan 
·    
  Orientasi
  seksual 
·    
  Wanita 
è   
  Waktu
  punya anak, perimenstruasi, Riwayat menstruasi : umur menarche, durasi,
  frekwensi, keteraturan, masalah 
è   
  Riwayat
  reproduksi, hamil terakhir, Riwayat melahirkan kembar, kelaianan congenital
  atau kelainan genetic 
·    
  Cara
  mencegah penularan PMS 
·    
  Riwayat
  PMS 
·    
  Persepsi
  pemeriksaan payudara sendiri dan testis sendiri. 
·    
  Pemeriksaan: 
-
  Pemeriksaan
  genitalia, payudara dan rektum. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 
10 | 
Koping dan
  Managemen Stress | 
·
  Perubahan
  besar dalam hidup dalam 1-2 tahun ini. 
·
  Penyebab
  stress belakangan ini 
·
  Gambaran
  umum dan spesifik respon 
·
  Perubahan, masalah saat ini, kejadian yang
  menyebabkan stress atau perhatian 
·    
  Krisis
  saat ini missal; sakit atau hospitalisasi 
·    
  Tingkat
  stress saat ini  
·    
  Metode/strategi
  koping yang biasa digunakan terhadap stress selain alcohol atau obat 
·    
  Pengetahuan
  dan penggunaan tehnik managemen stress. 
·    
  Hubungan
  antara manajemen stres terhadap dinamika keluarga. 
·    
  Derajat
  kesuksesan dari strategi koping saat ini 
·    
  Persepsi
  dari tingkat toleransi stress 
·    
  Ketika
  mendapatkan masalah yang besar dalam hidup, apakah dapat menanganinya? 
·    
  Persepsi
  tentang status keamanan di rumah (episode kekerasan fisik/emosional) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 
11 | 
Nilai dan Kepercayaan | 
·  
  Agama 
·  
  Latar
  belakang budaya/etnik 
·  
  Tujuan
  kehidupan, apa yang dianggap penting bagi klien dan keluarga. 
·  
  Keparcayaan
  spiritual yang berpengaruh terhadap pengambilan keputusan dan praktek
  kesehatan 
·  
  Derajat
  dari tujuan pencapaian hidup 
·  
  Persepsi
  tentang kepuasan dengan hidup, dan jalan hidup 
·  
  Pentingnya
  agama/spiritualitas 
·  
  Kepercayaan
  cultural yang berpengaruh dengan kesehatan dan nilai 
·  
  Spiritualitas/agama
  yang berpengaruh terhadap status kesehatan. 
·  
  Kepercayaan
  cultural yang merefleksikan pilihan pada promosi kesehatan dan pencegahan
  penyakit | 

0 komentar:
Posting Komentar